우리 DELAYOTA

우리 DELAYOTA
serdadu ipa 3 delayota (serigala013)

Jumat, 30 September 2011

TUGAS SEJARAH I

mau posting tugas nie, sapa tau bisa bantu yang senasib kayak aku ..


1.      Terdapat 4 macam teori tentang penyiaran agama hindhu di Indonesia, yaitu teori sudra, teori wiasya, teori ksatria, teori brahmana. Menurut anda teori mana yang paling sesuai dengan bukti-bukti yang ada saat ini.
²  Menurut saya teori yang paling sesuai dengan bukti-bukti ialah teori Brahmana. Hal ini diperkuat dengan adanya kerajaan-kerajaan hindhu yang ada di Indonesia, sedangkan kerajaan itu sendiri mempunyai bukti nyata seperti peninggalan prasasti dan candi. Prasasti Indonesia yang pertama menggunakan berbahasa Sansekerta, sedangkan di India sendiri bahasa itu hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan Hindu. Bahasa Sansekerta adalah bahasa kelas tinggi sehingga tidak semua orang dapat membaca dan menulis bahasa Sansekerta. Di India hanya kasta Brahmana yang menguasai bahasa Sansekerta sehingga hanya kaum Brahmana-lah yang dapat dan boleh membaca kitab suci Weda.
²  Teori ini didukung dengan adanya bukti bahwa terdapat koloni India di Malaysia dan pantai Timur Sumatera (populer dengan nama Kampung Keling) yang banyak ditempati oleh orang Keling dari India Selatan yang memerlukan kaum Brahmana untuk upacara agama (perkawinan dan kematian) .

2.      Bagaimana pendapat anda tentangkebudayaan Hindhu-Budha yang berkembang di masyarakat Indonesia? (pengaruh & contoh konkret)
²  Bangunan candi, bangunan candi yang ada di indonesia banyak dipengaruhi oleh hindhu-Budha. Hal ini terlihat dengan adanya pembagian bentuk candi yang ditemukan. Pembagian ini sesuai dengan bentuk candi yang mereka wakili, yaitu agama Hindhhu (terutama Siwa), agama Budha (Mahayana), dan aliran Tantrayana (baik yang bersifat Siwa ataupun Budha).
²  Seni Patung, pengaruh kebudayaan Hindhu-Budha dari seni patung yang terdapat di Indonesia ialah arca Buddha berlanggam Gandara di kota Bangun, Kutai; patung berlanggam Amarawati di temukan di Sikendeng, Sulawesi Selatan.
²  Seni satra, bukti konkretnya ialah banyak ditemukannya kita-kitab sastra yang menceritakan tentang agama Hindhu-Buddha seperti cerita Mahabarata dan Ramayana. Karya sastra dan pengarang yang lainnya ada Empu Kanwa yang menciptakan kitab Arjunawiwaha, Empu tantular yang menciptakan kitab Arjunawijaya, Empu Sedah yang menciptakan kitab Baratayudha.
²  Bahasa, kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia meninggalkan beberapa prasasti yang sebagian besar berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Dalam perkembangan selanjutnya bahkan hingga saat ini, bahasa Indonesia memperkaya diri dengan bahasa Sanskerta itu. Kalimat atau kata-kata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari bahasa Sanskerta, yaitu Pancasila, Dasa Dharma, Kartika Eka Paksi, Parasamya Purnakarya Nugraha, dan sebagainya.
²  Arsitektur, salah satu tradisi megalitikum adalah bangunan punden berundak-undak. Tradisi tersebut berpadu dengan budaya India yang mengilhami pembuatan bangunan candi. Jika kita memperhatikan Candi Borobudur, akan terlihat bahwa bangunannya berbentuk limas yang berundak-undak. Hal ini menjadi bukti adanya paduan budaya India-Indonesia.

3.      Menurut anda apa pengaruh signifikan ajaran Hindhu-Buddha terhadap kehidupan kerajaan di Indonesia? Jelaskan !
²  Kehidupan politik, dari pemerintahan kepala suku menjadi pemerintahan kerajaan.
²  Kehidupan agama atau kepercayaan, pada awalnya Indonesia sudah memppunyai kepercayaan yaitu memuja roh nenek moyang dan benda-benda gaib sejak masa praaksara (kepercayaan dinamisme animisme) dengan masuknya agama Hindhu-Buddha terjadi perubahan dibidang kepercayaan dan filsafat contohnya terlihat dalam fungsi candi.
²  Kehidupan ekonomi, Indonesia jadi berperan aktif dalam perdagangan.

4.      Bagaimana proses menyatunya dinasti Sanjaya dan dinasti Syailendra ! .
²  dengan perkawinan antara Raka I Pikatan dari Dinasti Sanjaya dengan Pramodhawardani dari Dinasti Syailendra.

5.      Jelaskan alasan Empu Sendok memindahkan pusat kerajaan Mataram Hindu ke Jawa Timur ! (min. 3)
²  Takut serangan dari Sriwijaya
²  Terjadi bencana alam gunung Merapi Meletus
²  Jawa Timur  mempunyai prospek ekonomi yang lebih baik 

semoga membantu, RCL yaa (read,comment,like)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar